Sekayu – Setelah dilakukan penilaian dan evaluasi oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sekayu, tiga Desa di bumi Serasan Sekate berhasil mendapatkan Penganugerahaan Desa Terbaik Kategori Tata Kelola Keuangan Tahun 2018 oleh KPPN Sekayu.

Penganugerahaan ini diserahkan secara langsung oleh Kepala KPPN Sekayu Sugeng Hermanto didampingi Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex
Noerdin kepada Kepala Desa Sidorejo Kecamatan Keluang, Kepala Desa Baru Jaya Kecamatan Jirak Jaya, Kepala Desa Mekar Jadi Kecamatan Sungai Lilin di sela penyerahan DIPA dan TKDD ke perangkat daerah di Guest House Griya Bumi Serasan Sekate, Rabu (19/12/2018).

“Tiga Desa ini telah memahami tata kelola keuangan secara aplikasi melalui aplikasi siskeudes, ini juga berkat komitmen Bupati untuk mengarahkan perangkat desa transparan dan akuntabel dalam mengelola keuangan,” ungkap Kepala KPPN Sekayu Sugeng Hermanto.

Sementara itu, Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin meminta supaya desa-desa lainnya termotivasi untuk melakukan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel. “Dimulai dari desa-desa ini harus dimaksimalkan, supaya terwujudnya pengelolaan keuangan yang transparan,” kata Dodi.

Dodi menambahkan, dirinya terus memaksimalkan dan merangkul peran perangkat desa untuk mewujudkan Muba Maju Berjaya 2022. “Jadikan penghargaan ini sebagai motivasi untuk terus berbuat yang positif dan benar serta berkontribusi untuk masyarakat,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Desa Mekar Jadi, Sadrin menyebutkan atas penghargaan tersebut pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin yang selalu mensupport dan memberikan arahan untuk melakukan pengelolaan keuangan desa yang baik dan transparan.

“Aplikasi siskeudes juga sangat membantu kami, peran serta Pemkab Muba khususnya pak Bupati sangat mendukung kami dan mensupport supaya pengelolaan keuangan desa berjalan transparan dan akuntabel,” ujarnya.

Lanjutnya, perangkat desa sangat termotivasi dengan diraihnya penghargaan tersebut. “Kami akan terus berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan pengelolaan keuangan desa yang baik dan benar,” tuturnya.

Diketahui, sebelumnya Desa Mekar Jadi Kecamatan Sungai Lilin juga mendapatkan penghargaan
Desa Prospektif Good Governance dalam Pengelolaan Keuangan Desa di Wilayah Sumsel dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Wilayah Sumsel. Penghargaan tersebut diberikan kepada 14 Desa di Sumsel dan salah satunya Desa Mekar Jadi Kecamatan Sungai Lilin.