Bayung Lencir – Meski disibukkan dengan banyak agenda Pemerintahan namun Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin tetap mengagendakan untuk berkeliling atau blusukan ke pedesaan. Sabtu (23/2/2019), mantan anggota DPR RI dua periode ini berkunjung sekaligus silaturahmi dengan warga Desa Senawar Kecamatan Bayung Lencir.

Tokoh Masyarakat Kecamatan Bayung Lencir, Tasmin mengatakan warga Desa Senawar Kecamatan Bayung Lencir sangat bangga dan senang dengan pola kepemimpinan Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin yang rutin menyisihkan waktu untuk mengunjungi dan menyerap aspirasi masyarakat pedesaan di Musi Banyuasin.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pak Bupati sudah datang ke Senawar, Kecamatan Bayung Lencir, untuk menyerap aspirasi kami, sehingga kami merasa sangat dekat dan tidak ada jarak dengan pimpinan kami”. ungkapnya.

Camat Bayung Lencir, Akhmad Toyibir SSTP MM dalam laporannya menyebutkan warga Bayung Lencir sangat mensupport program Pemerintahan Kabupaten Musi Banyuasin, setiap ada arahan dari pak Bupati Dodi Reza warga sepakat untuk mentaatinya.

“Ya, misalnya larangan pesta malam saat ini kompak warga Bayung Lencir berusaha untuk mentaatinya, hanya saja warga berharap pak Bupati memberikan pengecualian atau kelonggaran untuk kegiatan wayang kulit yang sudah menjadi tradisi sebagian besar warga Bayung Lencir” ungkapnya.

Selain itu, dalam beberapa hari terakhir uni warga Bayung Lencir bertambah bangga dan senang, pasalnya di Blok Saka Kemang Kaliberau Bayung Lencir telah ditemukannya sumur gas yang diklaim oleh pihak SKK Migas dan Repsol sebagai sumber gas lima besar di dunia.

“Sudah tentu atas penemuan ini nantinya, harapanan warga pembangunan di Bayung Lencir akan semakin pesat dan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Masih kata Ibir, warga juga berharap agar di Desa Senawar dapat dibangunkan SMP Negeri dan Sport Center karena kebutuhannya sudah mendesak bagi warga Desa Senawar.

“Warga sudah siap menghibahkan 2 hektare lahan untuk dibangunkan SMP dan Sport Center, mohon kiranya pak Bupati juga dapat merealisasikan kebutuhan warga ini sebab sudah menjadi kebutuhan mendesak di Desa Senawar”, bebernya.

Sementara Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan, terkait permintaan warga atas untuk memberikan kelonggaran terhadap kegiatan wayang tersebut akan diberikan pengecualian dan tetap berkoordinasi dengan Forkopimcam setempat.

“Yang dilarang itu kalau ada musik orgen tunggal yang dapat berpotensi warga yang menonton menggunakan narkoba dan kegiatan yang mengarah prostitusi, tapi kalau tradisi seni wayang kulit silahkan saja dan tetap koordinasi dengan Forkopimcam setempat,” ungkap Dodi.

Dodi menambahkan, Bayung lincir harus mendapatkan pembangunan yang merata, karena sudah banyak sekali menyumbangkan hasil kekayaan SDA, terlebih atas penemuan sumur gas Kaliberau ini yang dinilai pendapatan gas lima besar di dunia.

“Akan diutamakan dari SDA yang baru didapat ini untuk kebutuhan masyarakat Bayung Lencir, baru untuk keluar daerah. Sehingga dampak positifnya langsung dirasakan masyarakat Bayung Lencir,” pungkasnya.

Perihal usulan warga untuk pembangunan SMP dan Sport Center, Bupati akan mendukung penuh agar segera dapat terealisasi.

“Tahun ini insyaAllah kita adakan penerimaan siswa baru (PSB) di senawar, tahun depan akan dibangun gedungnya segera”. Tutup Dodi.

Pada kesempatan kunjungan kerja dan silaturahmi Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin bersama warga Desa Senawar Kecamatan Bayung Lencir tersebut juga dilakukan penandatanganan MoU dan Deklarasi komitmen kecamatan layak anak dan kecamatan sehat guna mendukung program pemerintah Kab Musi Banyuasin.