Sekayu – Saat ini kita semua segera masuk ke satu tahapan revolusi industri yang dinamakan Revolusi Industri 4.0, dalam kesempatan memberikan kuliah umum di Perguruan Tinggi Rahmaniyah, Selasa (5/3/2019) Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin mengajak seluruh mahasiswa-mahasiswi dapat menghadapi revolusi industri 4.0 bahkan mendapatkan untung saat dihadapkan dengan revolusi industri 4.0.

“Revolusi industri 4.0 bisa jadi menjadi berkah, bila revolusi industri akan nyata-nyata mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam proses produksi yang moderen,” ujarnya dihadapan mahasiswa-mahasiswi Rahmaniyah di Aula Yayasan Rahmany Sekayu.

Dikatakan, di era revolusi industri 4.0 mahasiswa sebagai pencari ilmu nantinya akan lebih fleksibel dan menyesuaikan dengan kebutuhan pangsa pasar, bukan mencari ilmu sesuai ‘kurikulum’ yang ditentukan kampus.

“Revolusi Industri 4.0 mempunyai dampak sangat besar karena merubah segalanya yang semulanya konvensional menjadi online. Akan ada pekerjaan hilang digantikan dengan robot atau kecerdasan buatan (teller Bank, kasir, koki). Namun juga menjadi peluang karena banyak bidang pekerjaan baru yang muncul (belanja online dan transportasi online),” papar kandidat Doktor Universitas Padjajaran tersebut.

Dodi menambahkan, saat ini Pemkab Muba sudah memulai untuk menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0 dengan menyusun konsep Smart City, melakukan inovasi merubah sawit menjadi BBM B100 dan inovasi aspal karet. “Nah, inovasi-inovasi ini semua juga merupakan bagian untuk menghadapi tantangan masuk ke Revolusi Industri 4.0,” tukasnya.

Ketua Yayasan Rahmaniyah Sekayu Yustian Yusa SS MSi menyebutkan, pihaknya sangat senang bisa mengundang langsung Bupati Muba Dodi Reza Alex untuk bisa menghadiri kuliah umum dan sekaligus menjadi narasumber. “Ini momentum yang sudah lama kami tunggu, terlebih secara latar belakang pendidikan beliau sangat pantas dan pas memberikan kuliah umum kepada mahasiswa kami,” tuturnya.

Ia menambahkan, pihaknya berharap mahasiswa-mahasiswi di Rahmaniyah bisa termotivasi dengan pendidikan yang sudah ditempuh Bupati Muba. “Kami juga merasa bangga punya Bupati yang sangat konsen memperhatikan dunia pendidikan, beliau juga sangat berprestasi dan semenjak menjabat Bupati di Muba ini telah banyak memberikan kontribusi positif, ini kami harap jadi influence mahasiswa Rahmaniyah,” pungkasnya.